Information and Communication Technology for Competitive Intelligence
Information and Communication Technology for Competitive Intelligence
Part 9
ABSTRAKSI
Bab ini membahas peran TIK untuk kegiatan intelijen kompetitif. Untuk tujuan ini, dimulai dengan pengenalan intelijen kompetitif. Selanjutnya, membahas kemungkinan penggunaan TIK untuk kegiatan intelijen. Dalam diskusi iniperhatian diberikan kepada penggunaan internet, untuk alat-alat TIK tujuan umum, untuk alat TIK disesuaikan dengan satu atau lebih tahap kecerdasan, dan alat-alat intelijen bisnis (gudang data dan alat untuk mengambil dan menyajikan data di dalamnya) . Pada akhirnya, bab ini menjelaskan bagaimana organisasi dapat memilih aplikasi TIK untuk mendukung kegiatan intelijen mereka.
Kami mengetahui bahwa daftar aplikasi ini masih belum lengkap dan tidak dapat dijadikan sebuah pembenaran untuk melakukan percobaan penelitian untuk melakukan penelitian TIK. Alasan yang menyertai kalsifikasi ini adalah untuk melihat dimana TIK untuk intelijen kompetitif dapat ditempatkan. TIK untuk intelijen kompetitif bertujuan untuk mendukung pengambilan keputusan strategis dan dengan kemudian mendukung- hingga akhirnya- pada tugas organisasi terstruktur. Namun, kegiatan intelijen kompetitif berbeda dalam struktur: beberapa tugas intelijen kompetitif sangat terstruktur (misalnya, menemukan ahli pada subjek X); sementara yang lain tidak (misalnya, "mendefinisikan kebutuhan informasi strategis" atau "Menganalisis apa artinya bahwa pesaing X menutup pabrik Y"). Selain itu, alat intelijen kompetitif dapat digunakan di semua tingkatan dalam organisasi: di tingkat operasional (misalnya, membantu perwakilan penjualan dalam mengajukan pertanyaan kepada pelanggan dan menyimpan jawaban), di tingkat taktis (misalnya, dalam mendukung pengelolaan intelijen kompetitif profesional atau mendukung analisis informasi lingkungan) dan pada tingkat strategis (misalnya, dalam menyajikan ikhtisar tren dan pengaruhnya terhadap saat ini atau proyeksi strategi). Oleh karena itu, TIK untuk intelijen kompetitif (atau Kompetitif Sistem- kompetitifs intelijen) tampaknya menentang klasifikasi yang tepat sesuai dengan dimensi ini. Sebaliknya, dimensi dapat digunakan untuk menyatakan bahwa intelijen kompetitifs terbaik dilihat sebagai kumpulan alat elektronik (lihat juga Rouibah & Ould-ali, 2002):
• untuk mendukung pengambilan keputusan strategis
• tersebar di tingkat manajemen yang berbeda, dan
• mendukung kegiatan intelijen terstruktur dan tidak terstruktur.
Pada bagian ini kita akan menguraikan sifat dari alat-alat elektronik. Untuk mengerjakan ini, kami akan mengklasifikasikan terlebih dahulu sesuai dengan (1) kontribusi mereka untuk satu atau tahap yang lebih dari siklus intelijen dan (2)spesifikasi dari alat. "dimensi" Yang terakhir memiliki dua posisi: alat yang dapat menjadi umum TIK alat yang digunakan untuk kegiatan intelijen (seperti groupware, digunakan untuk kegiatan arah atau Internet, digunakan untuk kegiatan pengumpulan atau penyebaran) atau alat khusus disesuaikan dengan satu atau lebih kegiatan intelijen. Kami akan menggunakan klasifikasi ini di diskusi kita dari alat-alat di bawah ini. Kita bahas terlebih dahulu internet sebagai "umum"alat TIK untuk semua kegiatan intelijen kompetitif. Selanjutnya, kita memperhatikan TIK lainnya baik alat umum dan khusus. Dan yang terakhir, kita akan membahas aplikasi bisnis intelijen sebagai satu alat tertentu dari aplikasi TIK yang berguna untuk kegiatan intelijen kompetitif.
Internet sebagai Alat Intelijen Kompetitif
Memakai intelijen kompetitif sangat bergantung kepada jaringan Internet untuk kegiatan intelijen mereka. Terkadang Internet dilihat sebagai sumber daya informasi yang paling penting bagi intelijen kompetitif dan, untuk pengetahuan kita, internet sebagai alat intelijen kompetitif telah menerima perhatian yang besar dalam literatur, (contohnya, Cronin et al., 1994;Graef, 1997; Teo & Choo, 2001; Chen et al., 2002; Cook & Cook, 2000;McCurgle, 2001). Chen et al. (2002, p. 1) menyatakan bahwa laporan masa depan kelompok 1997mengetahui Internet sebagai salah satu dari lima sumber atas. Lammers dan Sigmund (2001) menemukan bahwa, dalam organisasi mereka mendekati, Internet adalah sumber yang paling disukai untuk memperoleh informasi.
Internet dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan intelejen. Contohnya adalah: mencari informasi tertentu dengan menggunakan search engine (mesin pencari) (Graef, 1997; Chen et al, 2002; Cook & Cook, 2000.); memperoleh pengetahuan tentang pelanggan melalui situs web interaktif dan agen (Teo & Choo, 2001); menerima umpan balik dari pelanggan tentang pesaing atau produk sendiri dan pelayanan (Teo & Choo, 2001); pemantauan kelompok diskusi tentang pesaing (Cronin et al, 1994;. Graef, 1997); melakukan pencarian paten (Poynder, 1998); meningkatkan pemilihan keputusan dengan memantau data online yang tersedia dari pengecer (Yuan & Huang, 2001); mengakses berita terbaru melalui wire service (layanan kabel) (Cook & Cook, 2000); belajar tentang pesaing dan mitra dengan mengunjungi situs web mereka (Cronin et al, 1994;. Graef, 1997; Chen et al, 2002;. Cook & Cook, 2000), mencari dan menghubungi para ahli (Kassler, 1998); mengakses file pemerintah (Kahaner, 1997; Cook & Cook, 2000); pemantauan "e-behavior"(perilaku elektronik) pengunjung ke website anda (Tan & Kumar, 2002); mendapatkan akses mudah untuk keahlian melalui diskusi kelompok (Teo & Choo, 2001; Cook & Cook); atau "outsourintelijen kompetitifng" kegiatan pengumpulan dengan menggunakan database online komersial (Cronin et al, 1994;. Graef, 1997; Gieskes, 2000; Cook & Cook, 2000; Kahaner, 1997).
KESIMPULAN
Untuk memilih dan menggunakan alat TIK yang tepat untuk mendukung proses intelijen kompetitif, organisasi harus tahu (1) apa proses intelijen kompetitif itu, (2) apa peran TIK (alat) dalam proses ini dapat, dan (3) menilai peran TIK (alat) untuk proses intelijen kompetitif mereka sendiri. Dalam bab ini, kita membahas tiga aspek tersebut. Kami mendefinisikan intelijen kompetitif baik sebagai produk dan sebagai proses. Kami kemudian membahas peran alat TIK dalam proses intelijen kompetitif. Di sini, kita disajikan empat jenis alat TIK yang relevan untuk mendukung (dan kadang-kadang bahkan mengganti) kegiatan intelijen kompetitif : Internet, aplikasi umum untuk digunakan dalam kegiatan intelijen kompetitif, aplikasi intelijen kompetitif spesifik dan aplikasi bisnis intelijen. Pada bagian terakhir dari bab ini kita membahas tiga kelas kriteria organisasi dapat digunakan dalam mengevaluasi dan memilih alat TIK untuk proses intelijen kompetitif mereka. Meskipun definisi intelijen kompetitif dan kriteria untuk memilih perangkat TIK untuk intelijen kompetitif tampaknya telah stabil, kemungkinan penggunaan TIK untuk peningkatan intelijen kompetitif yang cepat. Beberapa tren yang mungkin diakui adalah:
• Sebuah konvergensi aplikasi intelijen bisnis dan intelijen kompetitif (misalnya, gudang data dan software terkait juga terikat dengan data eksternal dan kualitatif) (cf., Li,1999)
• Menggunakan TIK untuk data kualitatif dapat meningkatkan (misalnya, Chen et al., 2002)
• Menggunakan Internet untuk lebih dari sekedar kegiatan pengumpulan (misalnya, untuk kolaborasi dan tujuan penyebaran ) (cf., Teo & Choo, 2001; Cunningham, 2001)
• Peningkatan aplikasi Internet untuk koleksi (lebih efisien dan aplikasi pengumpulan yang efektif akan terus muncul)
• Aplikasi Pelaksana intelijen kompetitif dapat dilihat sebagai suatu proses dengan cara intelijen kompetitif dan infrastruktur yang dapat dianalisa ulang
• Peningkatan aplikasi analisis (lih, Fuld et al., 2002)
Meskipun semua kemungkinan TIK untuk intelijen kompetitif, kami ingin mengakhiri bab ini dengan berkomentar bahwa membuat kecerdasan masih tetap karya manusia yang merupakan satu-satunya "mesin" yang mampu menempatkan data dari aplikasi dalam perspektif strategis yang tepat. Alat TIK, bagaimanapun merupakan hal yang sangat berharga dalam mendukung tugas ini.
Kelompok :
Muhhamad Faizal Ashar
Melany Silva Irawan
Angga Raditya Ariesta
Komentar
Posting Komentar